Enjoy it

Minggu, 25 Oktober 2015

MIE dan KANDUNGAN GIZI MIE


Mie merupakan salah satu makanan yang paling populer di Asia terutama di Asia Timur dan Asia Tenggara. Mie pertama kali dibuat didaratan Cina sekitar 2000 tahun yang lalu pada masa dinasti Han. Dari Cina mie berkembang dan menyebar ke Jepang,Korea dan Taiwan dan Negara-negara di Asia Tenggara bahkan meluas sampai kebenua Eropa. Namun di negara Eropa sendiri berubah menjadi pasta yang kita kenal sekarang ini.

Mi (atau juga sering ditulis mie) adalah adonan tipis dan panjang yang telah digulung, dikeringkan, dan dimasak dalam air mendidih. Istilah ini juga merujuk kepada mi kering yang harus dimasak kembali dengan dicelupkan dalam air.


Aneka jenis Mie
Digolongkan menjadi 2 adalah : 
  • Mie kering : Sedangkan mie kering seperti ramen, soba dan beragam mie instan lain banyak dijumpai dipasar.
  • Mie basah : adalah mie yang belum dimasak dimana jenis kandungannya sangat tinggi air. Dan biasanya mie jenis ini cepat sekali basi. 
Mie sendiri dapat terbuat dari bahan dasar berbagai macam tepung seperti tepung terigu, tepung tang mien, tepung beras, tepung kanji dan tepung kacang hijau, tepung kentang dan tepung tapioka. Dari semua jenis diatas mie yang berasal dari tepung terigulah yang paling disukai. Komposisi bahannya adalah tepung terigu, air, telur, minyak, garam dapur, natrium polifasfat dan natrium karbonat.


MACAM_MACAM MIE


Suun / Cellophane noodles.
Dibuat dari campuran tepung kentang dan tepung kacang hijau. Teksturnya sangat lunak, cocok untuk bahan olahan sop, suun goreng atau untuk isi pastel. Suun biasanya di jual dalam bentuk kering, rendam di dalam air panas sampai lembut baru kemudian siap diolah menjadi berbagai macam masakan.





Mie Telur.
Dibuat dari tepung terigu jenis hard wheat dan diperkaya dengan telur. Biasanya dijual dalam keadaan kering dengan bentuk bulat maupun pipih.







Mie Hong Kong / Hokkien Noodles.
Bentuknya menyerupai mie telur bulat dan halus. Biasanya dijual dalam kondisi basah dalam kemasan kedap udara. Mie ini biasanya cocok untuk dibuat mie goreng atau mie rebus.






Ramen.
Dijual dalam kondisi kering dalam kemasan mie instan. Sangat cocok diolah sebagai mie goreng atau mie kuah.







Kwetiau / Rice stick noodles.
Dibuat dari terpung beras dan air. Di pasaran dapat kita jumpai dalam bentuk kering dan basah. Kwetiau sangat cocok untuk dibuat kwietiau goreng maupun kuah.






Somen noodles.
Berasal dari Jepang, terbuat dari tepung gandum dan minyak. Teksturnya sangat lembut dan rasanya gurih. Somen dijual dalam bentuk kering, rupanya menyerupai lidi dan sangat rapuh. Cocok untuk masakan Jepang yang berkuah.






Soba noodles.
Bentuknya hampir sama seperti mie somen namun warnannya keabu-abuan atau hijau tua(mengandung sari teh hijau). Biasanya dijual dalam bentuk kering, sangat cocok untuk hidangan mie kuah.



 

Bihun / Rice Vermicelli.
Bihun terbuat dari tepung beras, warnanya putih bersih dan teksturnya sangat lembut. Mie ini mudah matang jadi direndam air panas sudah cukup. Biasanya dijual dalam bentuk kering dalam kemasan plastik. Cocok untuk isi soup dan bihun goreng.





Mie shoa.
Sejenis mie berasal dari Cina. Terbuat dari tepung beras, mie ini berwarna putih terang dan sangat mudah matang. dapat digunakan langsung di dalam masakan seperti soup atau sebagai snack seperti misoa goreng.






Kulit pangsit /Wonton.
Dijual dalam bentuk basah dalam kemasan plastik. Bentuknya segi empat, biasanya diolah dengan beragam isi, baik itu di kukus, di rebus maupun digoreng.







KANDUNGAN MIE 

Mie merupakan bahan pangan yang cukup potensial, selain harganya relatif murah juga praktis mengolahnya, mie juga mempunyai gandungan gizi yang cukup baik. Di dalam 100 gr mie terkandung:
  • 338         kalori
  • 7.6g        protein
  • 11.8g     lemak
  • 50.0g     karbohidrat
  • 1.7mg    mineral
  • 49mg     kalsium 49
Jika dilihat dari kandungan gizinya, mie rendah akan kandungan kalori sehingga cocok untuk orang yang sedang menjalani diet rendah kalori


SUMBER: 
https://id.wikipedia.org/wiki/Mi_%28makanan%29
http://www.superindo.co.id/hidup_sehat/info_sehat/jenis-jenis_mie 

0 komentar:

Posting Komentar