Enjoy it

Jumat, 30 Oktober 2015

SAGU

Pengertian Sagu

Sagu adalah jenis makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Jenis makanan ini banyak ditemui di wilayah Indonesia bagian timur seperti Maluku dan Irian serta sebagian di wilayah Sulawesi. Sagu merupakan tepung atau olahannya yang diperoleh dari pemrosesan teras batang rumbia atau sering disebut pohon sagu. Sagu sebelum menjadi berbagai bentuk produk yang siap dijual harus melalui beberapa proses yang cukup panjang. Seperti halnya sagu basah yang merupakan bahan setengah jadi yang sudah siap dipasarkan. Akan tetapi belum dapat langsung dimakan karena merupakan produk pertama yang dihasilkan dari batang sagu sehingga masih memerlukan proses lagi baru kemudian dapat dikonsumsi. Sagu basah dapat dibuat berbagai macam produk yang siap dimakan seperti sagu rendang, sagu lemak, mie sagu dan tepung sagu. Sedangkan sagu yang sudah menjadi tepung memiliki tingkat diversifikasi produk yang lebih banyak lagi dikarenakan kemudahan dalam pengolahannya. 

Produk dari olahan pohon sagu

Pohon sagu 


Pemotongan sagu untuk diolah
http://m.klikriau.com/


Hasil/produk setengah jadi sagu 


  • Tepung sagu adalah produk sagu yang dijajakan dalam bentuk tepung dan siap diolah menjadi produk lainnya.
  • Sagu basah adalah produk sagu yang dijajakan dalam kondisi masih basah dan belum diolah, yang merupakan bahan setengah jadi.
  • Mie sagu, Sohun, tepung hun kwee, sagu rendang dan sagu mutiara adalah produk sagu yang dijajakan dan telah mengalami pengolahan sederhana. Produk sagu yang telah mengalami proses pengolahan berguna dalam mempertahankan mutu, memperindah bentuk, menyempurnakan rasa. Yang selanjutnya memerlukan tahapan pengolahan lebih lanjut agar menjadi produk jadi atau siap dikonsumsi secara wajar
  • Mie sagu yang telah digoreng adalah sagu yang dijajakan dalam kondisi siap saji.

Olahan sagu siap santap



Manfaat Sagu 
Selain sebagai sumber makanan pokok di sebagian wilayah di Indonesia, sagu rupanya memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat sagu diantaranya yaitu sebagai sumber karbohidrat yang digunakan untuk mengganti beras, dapat mengatasi pengerasan pada pembuluh darah, mengatasi sakit pada ulu hati serta membantu mengatasi perut kembung. Selain itu penganan yang berasal dari sari pati umbian ini juga bermanfaat untuk menekan kecepatan kadar glukosa dalam darah sehingga bagi mereka yang menderita diabetes melitus sangat aman mengkonsumsinya. Serat yang terdapat didalamnya berperan untuk pre-biotik, menjaga mikroflora usus, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi resiko terjadinya kanker usus, mengurangi resiko terjadinya kanker paru-paru, mengurangi kegemukan atau obesitas serta memperlancar BAB.

Kandungan Zat Pada Sagu
Adapun kandungan zat yang terdapat pada bahan makanan ini ialah 94 gram karbohidrat, memiliki 355 kalori untuk setiap 100gram nya, 0,2 gram protein, 0,5 gram serat, 10 mg kalsium, 1,2 mg besi, lemak, karoten, serta asam askorbat dalam jumlah yang kecil. Jadi mengkonsumsi sagu dapat membuat tubuh menjadi seimbang.

Sumber:
http://neechatree16.com/index.php
http://www.peterparkerblog.com
https://ummiala.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar